Definisi Bisnis Online
Definisi Bisnis online
seringkali diasumsikan oleh internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan
secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk
dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online. Jadi dalam hal ini
internet hanyalah media karena internet sendiri yang terdiri dari ribuan-ribuan
halaman bahkan jutaan halaman WEB mampumenyediakan informasi bagi pengguna
internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal
menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan dan promosi
atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat dan
mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya, itu hanya sebagian
contoh kecil dari kelebihan bisnis online.
Nah, yang sering
menjadi pertanyaan bagi calon customer adalah bagaimana cara untuk bertransaksi
dengan aman di internet, bagaimana cara pembayarannya dan bagaimana
deliverynya. Tentunya wajar dong jika kita baru mengenal bisnis online muncul
pertanyaan-pertanyaan seperti itu karena disisi lain banyak yang
menyalahgunakan Internet untuk penipuan (Scam). Untuk itu anda perlu selektif
dalam memilih situs-situs yang menyediakan barang atau jasa, disarankan untuk
memilih situs yang terpercaya dan mempunyai track record yang bagus dan paling
tidak anda sudah harus mengerti Tips Aman Dalam Memilih Bisnis Online.
Tapi percayalah disisi
lain dalam dunia internet yang sarat akan penipuan banyak juga yang benar-benar
menggunakan situs mereka untuk berbisnis dengan penuh etika, terhormat dan
elegan. Jadi semua itu tergantung dari tingkat kepercayaan dan keyakinan anda
terhadap situs yang dikunjungi dan jangan lupa bahwa setiap keputusan yang anda
ambil ada harganya. Resiko & konsekwensi yang tidak diinginkan selalu
mengintai. Saya hanya bisa mengatakan Bisnis oNline tidak mudah tetapi juga
tidak sulit seperti yang kita bayangkan.
Didunia bisnis manapun
anda berada semua butuh proses belajar, kerja keras, ketekunan, dan juga
kesabaran. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membangun
kerajaan bisnis anda. Tetapi jika anda sudah punya keyakinan bahwa ada peluang
untuk meraih semua itu. Mulailah dari sekarang.. bangun dan buka wawasan anda
lebih luas dan yakin bahwa dengan kemauan, ketekunan dan kerja keras kita dapat
mempersingkat waktu untuk menuju sukses.
menyediakan informasi
bagi pengguna internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun
personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan
dan promosi atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat
dan mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya, itu hanya sebagian
contoh kecil dari
Sejarah perkembangan
Istilah
"perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya,
perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti
penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial
seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia
berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat
"perdagangan web" pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting
pelanggan.
Pada awalnya
ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis
memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun,
baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap
matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa
mengembangkan situs web perdagangan ini.
Faktor kunci sukses dalam e-commerce (
bisnis online )
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman
yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa
faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan
ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan
jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa,
dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari
pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar