Selasa, 17 April 2012

pelaporan dan pengungkapan ( bab 5 )


RESUME BAB 5
Bab ini kita akan menguji hubungan informasi financial dan nonfinansial dalam ketetapan international. Perbedaan pengungkapan nasional sebagian besar didorong oleh perbedaan di pengelolaan dan keuangan perusahaan. Di Negara Negara lainnya ( seperti prancis, jerman, jepang dan berbagai Negara dengan pasar yang baru muncul ), pemegang saham tetap terkosentrasi dan bank ( dan/atau pemiliknya keluarga ) secara tradisional telah menjadi seumber keuangan utama perusahaan. Susunan ditempatkan untuk melindungi yang sedang memegang manajemen. Bank ( yang terkadang adalah kreditor dan pemilik ) dan pihak dalam lainnya ( seperti anggota perusahaan yang terdaftar dalam kelompok pemegang saham ) menyediakan keteraturan.
            PENGUNGKAPAN SUKARELA
Manajer memiliki informasi yang lebih baik daripada pihak luar mengenai performan perusahaan mereka saat ini dan kedepannya. Beberapa kajian menunjukan bahwa manajer berinisiatif untuk mengungkap informasi seperti itu secara sukarela. Laporan yang paling terkini menyongkong pandangan bahwa perusahaan bisa mencapai keuntungan dalam pasar modal dengan mempertinggi pengungkapan mereka secara sukarela. Laporan meliputi tuntunan bagaimana perusahaan bisa menggambarkan dan menjelaskan investasi potensial mereka kepada investor.
Investor diseluruh dunia menuntut informasi yang mendetail dan berkala tingkat penungkapan sukarela meningkatkan Negara dengan pasar yang telah maju dan baru muncul. Bukti bukti kuat mengindikasikan bahwa manajer perusahaan sering memiliki insentif yang besar untuk menunda penugnkapan berita buruk, “ mengatur “ leporan keuangan mereka untuk memastikan kesan perusahaan yang lebih positif, dan menekankan keadaan dan prospek keuangan perusahaan.
            KEBUTUHAN PENGATURAN PENGUNGKAPAN
Untuk melindungi investor, sebagian besar bursa sekuritas ( bersama dengan lembaga peraturan professional dan pemerintah seperti halnya komisi pertukaran sekuritas amerika serikat dan agen pelayanan keuangan di jepang ) menentukan laporan dan kebutuhan pengungkapan pada perusahaan domestic dan asing mencari akses untuk pasar mereka.
Frost dan lang membahas dua objek investor berorientasi pasar : perlindungan investor dan kualiatas pasar
-          PROTEKSI INVESTOR. Investor dengan informasi dan dilindungi dengan pelaksanaan dan pengawasan peraturan pasar.
-          KUALITAS PASAR. Pasar adalah adil, tersusun, efisien dan bebas dari penyalahgunaan dan perbuatan jahat. Kualitas pasar ditandai dengan kepercayaan investor dan mereka memfasilitasi pembentukan harga mencerminkan persepsi nilai investor tanpa keputusan sewenang wenang atau berubah ubah
Frost dan Lang juga mengulas empat prinsip pada investor yang berorientasi pasar yang harus dijalankan
1.      Keefektifan biaya. Regulasi biaya pasar sebaiknya dibandingkan dengan keuntungan sekuritasnya
2.      Flesibilitas dan kebebasan pasar. Regulasi tidak seharusnya menghalanngi kompetisi dan evolosi pasar
3.      Laporan keuangan transparan dan pengungkapan menyeluruh
4.      Perlakuan setara perushaan domestic dan asing
PEMBAHASAN LAPORAN KEUANGAN SEC AMERIKA SERIKAT
SEC secara umum mewajibkan pendaftar asing untuk melengkapi informasi keuangan yang pada hakikatnya sama dengan yang dibutuhkan perusahaan domestic. Syarat laporan SEC secara umum konsisten dengan sasaran proteksi investor dan kualitas padar. Akan tetapi, kebutuhan laporan yang kuat mungkin proteksi investor pada kesempatan mengurangi biaya investasi modal atau mengesankan biaya transaksi tinggi dalam berinvestasi. Pendapat sebaliknya bahwa system akuntasi dan pengungkapan terkini melingudni investor dan memastikan kualitas pasar modal Emrika Serikat. Pokok yang mendasari argument ini adalah prinsip utuh pengungkapan dan perlakuan setara issue domestic dan asing.


            PRAKTIK PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN
Di belahan dunia, pengungkapan bermakna kecil dan pengawasan serta pelaksanaan ( praktiknya ) sukarela, karena manajer perusahaan tidak akan patuh dengan peraturan pengungkapan jika kepatuhan lebih menguras biaya daripada biaya non-kepatuhan yang diharapkan.
Pada bagian ini, kita focus pada
1.      Pengungkapan terhadap informasi kedepan
2.       Segmen pengungkapan
3.      Pelaporan tanggung jawab social
4.      Pengungkapan khusus untuk laporan keuangan non-domestik
5.      Pengungkapan pengaturan perushaan dan
6.      Pengungkapan dan laporan usaha internet

PENGUNGKAPAN INFORMASI PROGRESIF
Pengungkapan informasi progresif adalah pertimbangan tinggi yang relevan didalam kesetaraan pasar dunia. Contohnya, EU’s fourth directive menyatakan bahwa laporan tahunan seharusnya meneyrtakan sebuah indikasi pengembangan perusahaan dimasa depan. Regulasi S-K SEC mewajibkan perusahaan perusahaan untuk memperlihatkan informasi terkini yang secara material akan berimbas pada likuiditias dimasa depan, sumber modal dan hasil usaha. Dalam hal ini, istilah informasi progresif meliputi :
1.      Perkiranaan pendapatan, laba ( rugi ), arus kas, pengeluaran modal, dan hal hal keuangan lainnya
2.      Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi dimasa depan yang tidak menetu daripada perkitaan menyangkut proyek, periode fiscal dan proyeksi jumlah
3.      Laporan rpgram dan sasaran menejemen untuk usaha masa depan

PENGUNGKAPAN SEGMEN
Investor dan analis menuntut informasi hasil perusahaan industry dan segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkembang. Pengungkapan segmen usaha reveal mengungkap pendapatan dua tahun terakhir, laba usaha, deperesiasi dan amortisasi, pengeluaran modal pegawai, investasi modal asset, segmen asset, dan segmen utang untuk jalur empat jalur utama Lafarge. Pengungkapn area geografis memperlihatkan pendapatan, pengeluaran modal dan modal pegawai perdarah sedunia dan Negara Negara terpilih dalam dua tahunan.
            PELAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL
Laporan pertanggungjawaban social mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi tentang pengaruh perusahaan terhadap kemakmuran pegawai, komunitas social dan lingkungan.hal ini mencerminkan sebuah kepercayaan bahwa perusahaan bergantung pada pemegang saham dalam laporan keuangan yang mereka berikan pada pemegang saham.
Pengungkapan informasi yang berhubungan dengan sejumlah pegawai adalah perhatian utama pemerintah. Pengungkpan jumlah pegawai dengan area geografis memberikan informasi kepada pemerintah setempat mengenai pengaruh kepegawaian terhadap perusahaan multinasioanll.
Masalah lingkungan meliputi akibat dari proses produksi, produk dan jasa udara air, tanah, biodiversity, dan kesehatan manusia. Diantaranya, informasi harus diserahkan dalam :
-          Air, bahan baku, dan konsumsi energy dan tindakan yang diambli untuk meningkatkan efisiensi
-          Tindakan untuk mengurangi polusi pada udara, air dan tanah termasuk polusi, suara dan biayanya
-          Sejumlah ketentuan untuk resiko lingkungan
Bisnis yang berhasil menciptak pekerjaan baru
Pada tahun tahun belakangan ini, roche memperluas usahanya daripada pesaing lainnya. Hal ini telah membawa sebuah peningkatan dalam jumlah pekerja di berbagai area udaha dan kawasan. Selain menyewa pegawai yang bertelenta dan bermotivasi, hal ini juga pentin dalam beberapa tumuan kita dalam meningkatkan pejualan dan profit untuk mengembil metode yang efektif supaya memicu adanya talenta baru.


Kebijakan kepegawaian
Kebijakan kepegawaian ada dengan mewajibkan bahwa manajemen sumber daya manusia di Roche group yang harus sesuai dan juga mendirikan hak hak dan kewajiban para pegawai roche dangen perusahaan. Pada tahun tahun sebelumnya, recho telah meraih tida keuntungan kompetitif yang bisa diperlihatkan perekrutan menjadi lebih cepat dan lebih efisien, memungkinan pemilihan sejumlah pelamar berkualitas dari luar menjadi lebiih baik dan yang terkahir transparansi untuk pelamar dari dalam.
Performa budaya diroche
Hubungan antara tujuan perusahaan dan usaha perhari dibangun oleh manajemen dan pegawai yang ditempa dengan menggunakan ketetapan tujuan manajemen. Hal ini menyediakan persetujuan ketetapan tujuan dengan transparansi yang lebih besar, dengan demikian memfasilitasi pengendalian dan perbandingan. Hal ini juga memberikan fakta mendasar yang lebih luas lagi untuk pengambialh keputusan yang berhubungan dengan pengembangan promosi dan transfer.
Manajemen dan pengembangan bakat di roche
Keberhasilan bisni roche, sekarang dan dimasa yang akan dating, bergantung pada usaha sejumlah manajer dan pegawai yang termotivasi dan sangat berkualitas. Timbale balik yang beraturan dan ulasan pengembangan adalah titik awal dari pengembangan karier dan kinerja manajemen, staff dipromosikan kepada posisi manajemn yang lebih tinggi atas dasar kualitas kemimpinan dan kinerjan akutal mereka
Kompensasi dan keuntungan
Kebijakan pembayaran gaji pada tahun 2004 dirancang utnuk menyongkong nilai kreasi dan memperkuat budaya kinerja dan inovari roche, sambil menyalurkan pembayaran gaji tunuk menyesuaikan kebutuhan pegawai sekarang dan di masa depan.


Meningkatkan keragam ditempat kerja
Menghargai keseimbangan pekerjaan/ kehidupan adalah kunci perhatian yang dipegang oleh roche. Hal ini berdasarkan jalan berbeda yang bergantung pada Negara, tatapi hal ini berdasarkan pada ketegasan prinsip
Menghormati hak asasi manusia
Roche mendukung dan menghormati hak asasi manusia. Compliance officer mengawasi kebijakan ini diseluruh roche group dan melayani hubungan semua pegawai.
-          Auditing
Audit utamanya focus pada tindakan tanggung jawab pegawai terhadap keamanan dan lingkungan tempat kerja, sebagaiman proses kemanaan secara teknis dan bangungan

-          Cakupan pelaporan
Cakupan pelaporannya adalah sama dengan tahun sebelumnya, angka angka kunci yang secara langusng bisa dibandingkan dalam hal absolute sekalipun. Memperlihatkan batasan system yang berbeda, hal ini tidak memungkikan ditahun sebelumnya.

-          Target dan kemajuan pada proteksi keamanan, kesehatan dan lingkungan
Pada tahun 2003 roche menyusun sendiri target dalam mengurangi emisi gas rumah kasa group misalnya CO dari keturunan energy dan halogenated hydrocarbons dari peralatan penyejuk dan pendingin ruangan 10 % dalam lima tahun.  Berkat berbagai pengukuran untuk mengurangi emisi dan kecenderungan positif dalam pendapatan penjualan group, target disusun utnuk tahun 2008 telah bisa dicapai.

-          Eco efficieny
Eco efficiency adalah sebuah elemen penting dalam meningkatkan pengembangan yang berkelanjutan. Proses produksi eco efficiency menghemat sumber seperti bahan mentah dan energy dan mngeurangi akibatnya dengan lingkungan dengan menurunkan volume emisi dan limbah

-          Ecobalance
Untuk mencapai target peningkatan 10 % dalam ecobalance group sebuah criteria harus dibuat yang bisa dibandingkan terhadap sejumlah tahun. Untuk tujuan ini, roche memperkerjakan sebuah metode agen swiss untuk lingkungan ( BAFU ) dimana imbas lingkungan diberikan secara ekologis yang relevan dengan parameter seperti emisi, limbah atau konsumsi energy

-          Biaya investasi dan operasional
Penghitungan investasi SHE dicatat dengan nilai penuh konstruksi proyek yang semata mata untuk tujuan SHE misalkan system pemadam apai, pengelolaan cairan limbah atau saran pembakaran limbah. Sebuah porsi investasi telah dihitung untuk SHE mencuatkan proyek lainya seperti fasilitas atau gedung produksi baru

-          Proteksi kemanan dan kesehatan
Roche meyakini dimana hal ini sangat penting bahwa pegawai bisa bekerja dilingkungan kerja dengan sehat dan aman. Insiatif yang mencakup penawaran pengobatan pencegahan adalah sebagai bagian dari langkah langkah program pengawasan kesehatan, mendorong staf supaya meningkatkan tingkat aktivitas fisik mereka dan memberikan informasi tentang nutria kesehatan. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan sesuatu tentang penyebab ketidak hadiran tersebut dan mencoba untuk mencari kemungkinan peningkatan.

-          Kecelakaan dalam pekerjaan
-          Penyakit dalam pekerjaan
Kebanyakan dari penyakit ini adalah bermasalah dengan tulang belakang dan khususnya peradangan atas pergerakan yang ekstrim

-          Insiden
Berkat angka kecelakaan yang kecil, analisis statistic apda kejadian tersebut nyatanya sangat tidak mungkin. Meskipun demikian, kelalaian manusia teridentifikasi sebagi penyebab utama
-          Transportasi
-          Proteksi lingkungan
-          Gas rumah kaca
Roche mendukung usaha untuk komunitas international, seperti yang tertera pada protocol Kyoto, untuk menggunakan metode seluruh duni. Emisi gas rumah kaca diukur sesuai  dengan greenhouse gas protocol, yang sesuai dengan standa GRI. Hal ini mewajibkan kami untuk menghitung emisi langsung

-          Efek rumah kaca kontribusi roche
-          Limbah
Pada tahun 2005, volume pembuangan hasil zat kimia berkisar 38. 380 metrik perton, dimana 37.116 metrik ton telah menjadi abu. Sisanya, termasuk abu tambahan seperti sisa pengabuan ampas dan debu, tetapi juga endapan kotoran, disimpan dipembakaran.

-          Area tercemar adalah tenggung jawab pengguna
Sejujurnya, roche berlanjut untuk bertanggung jawab dan membiayai perbaikan yang diperlukan untuk wilaya terkontaminasi atau pembuangan yang hubungannya denga divisi vitamin, yang telah dijual dan untuk membiayai kegiatan terkait. Cadangan dana yang cukup besar telah disusun untuk tujuan ini

-          Emisi udara
Semua zat kimia ini adalah hasil dari proses pengabuan dalam penghasilan tenaga. Emisi udara menyulang partikel dan debu menjadi 50 metrik ton

-          Air limbah
Muatan karbon organic diukur sebagai total organic carbon ( TOC ) setelah adanya penanganan air limbah

-          Pengguna air
Laporan pengguna air di roche berdasarkan atas GRI water protocol

-          Bahan kimia khusus
Kuantitas yang dilaporkan tetap kosisten pada level rendah selama beberapa tahun. Semua campuran ini telah digunakan utnuk manukfatur produk roche. Tidak ada bahan kimia yang dijual pada pihak ketiga

Pengungkapan khusus bagi pengguna laporan keuangan non-domestik dan prinsip akuntansi yang digunakan
Laporan tahunan bisa meliputi pengungkapan khusus utnuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non-domestik. Pengungkapan tersebut meliputi :
1.      Laporan ulang yang mudah tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing
2.      Pembahasan perbedaan antara prinsip akuntasi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya
3.      Posisi dan laporan keuangan ulang terbatas di ketetapan standar akuntasi yang kedua
4.      Sebuah laporan keuangan lengkap disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntasi kedua

Pengungkapan pengelolaan perusahaan
Pengelolaan perusahaan berhubungan dengan saran internal dimana perusahaan dijalankan atau dikendalikan tanggung jawab, akuntabilitas, hubungan diantara pemegang saham, anggota direksi, dan manajer yang disusun supaya mencapai sasaran perusahaan.
Dallas memberikan sebuah rancangan kerja untuk memahami dan menilai pengelolaan perusahaan di sebuah Negara. Keempat komponen dari rancangan kerjannya adalh infrastruktur pasar, lingkungan hokum, pengaturan lingkungan, dan informasi. Kerangka kerja pengelolaan perusahaan harus memastikan bahwa pengungkapan akurat dan tepat waktu dibuat untuk semua permasalahan menyangkut perushaan termasuk kondisi keuangan, performa, tetapi tidak terbatas pada materi informasi

-          Struktur perusahaan dalam pengelolaan perusahaan
Kewajiban direksi sebagian besar mengujinya melalui komsi audit dan komisi renumerasi. CEO bertanggung jawab atas manajemen group sesuai dengan dan instruksi yang disediakan oleh direksi.
-          Hokum pengelolaan perusahaan swedia
Laporan pemerintahan perusahaan ini telah diuji oleh auditor perusahaan

-          Komisi pemilihan
Komisi pemilihan adalah lembaga para pemegang sahan yang bertanggung jawab untuk mengirimkan nama nama kandidar ketua dan anggota direksi lainnya pada rapat umum tahunan, pembiayaan dibayarkan dengan disalurkan kepada ketua, anggota direksi lain dan renumerasi kerja komisi direksi

-          Direksi
Direksi menggunakan prosedur kerja untuk kegiatannya yang berisi peraturan terkait pembagian kerja antara anggota direksi, jumlah pertmuan direksi, permasalahan ditangani saat rapat regulet direksi dan tuga yang diemban ketua.

-          Kebutuhan independen
-          Komsi audit
Dalam audit, perusahaan bisa mendapatkan auditor dari perusahaan dan boleh memberikan pedoman dan keputusan dalam transaksi dengan perusahaan dan semua orang ynag berhubungan dengan Volvo. Komisi audit juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi kenerja auditor seperti memberikan komsi pemilihan dengan hasil evaluasi dan membantu menyiapkan proposal untuk auditor.

-          Komisi renumerasi
Tujuan utamanya menyiapkan dan memutuskan pengeluaran pembayaran upah untuk eksekutif senior di group

-          Group executive committee
Keterangan umur, pendidikan, keanggotaan di direksi, kepemilikan saham di Volvo dan tahun mereka bergabung dengan CEO Volvo


-          Audit eksternal
Auditor melaporkan temuan mereka kepada pemegang saham dengan laporan audit, yang mereka hadirkan dalam rapat umum tahunan pemegang saham

-          Pengaturan pengendalian internal terhadap pelaporan keuangan
-          Komisis pengungkapan
-          Ketentuan renumerasi dan ketentuan kepegawaian lainnya untuk group executive committee
Pengungkapan dan laporan bisnis internet
World wide web terus digunakan sebagai sebuah ruang penyebaran informasi, dengan media cetak yang selalu mendapat peran kedua. Penyebaran informasi secara elektronik sering kali murah meriah dibandingkan dengan media cetak dan menwarkan komunikasi instan. Web bisa digunakan untuk penyebaran menggunakan internet telah meningkatkan permintaan untuk bisnis dan pelapopran keuangan melalui web.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar