Selasa, 17 April 2012

translasi mata uang asing ( bab 6 )


RESUME BAB 6
ALASAN TRANSLASI MATA UANG ASIN
Banyak permasalahan yang berhubungan dengan translsi mata uang asing muncul dari fakta bahwa nilai relative mata uangan asing hamper tidak pernah stabil. Terdapat tiga alsan tambahan dalam tranlasi mata uang asing : mencatat transaksi mata uang asing, memperhitungkan efeknya perushaan terhadap tranlasi mata uang, dan berkomunikasi dengan peminat saham asing.

LATAR BELAKANG DAN TEMINOLOGI
Neraca mata uang asing ditranslasikan terhadap padanannya mata uang domestic, oleh nilai tukar mata uang asing : harga saru buah unit mata uang diartikan dalam mata uang lainnya. Transaksi pada pasar forward adalah persetujuan untuk mentranslasikan sejumlah mata uang yang telah ditetapkan untuk masa yang akan darang. Transaksi swap melibatkan pembelian spor dan penjualan forward yang simultan atau penjualan spot dan pemblian forward mata uang asing.
Karakteristik sebuah item yang dapat dihitung yang diukur untuk kebutuhan akuntansi. Sebagai contoh harga perolehan dan harga penggantian merupakan atribut sebuah saham.

EFEK LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KURS ALTERNATIF TRANSLASI MATA UANG ASING
Disini kita harus membedakan antara keuntungan dan kerugian translasi mata uang asing dengan keuntungan dan kerugian transaksi, dimana keduannya merupkan keuntungan dan kerugian tranlasi mata uang. Transaksi mata uang asing muncul saat penjualan meupun pembelian produk yang pembayarannya dilakukan dengan menggunkan mata uang asing atau saat pinjam meminjam mata uang asing.

TRANSAKSI MATA UANG ASING
Perbedaan karakteristik pada transaksi mata uang asing adalah perjanjian yang diperngaruhi oleh mata uang asing. Transaksi mata uang asing mungkin menggunakan satu mata yang akan tetapi dihitung dengan mata uang lain. Untuk mengerti alasannya, pertama tama pertimbangkan gagasan mengenai mata uang fungsional. Mata uang fungsional suatu perusahaan adalah mata uang utama yang digunakan untuk menjalankan bisnis, menghasilkan dan menghabiskan kas. Oleh karena itu mata uang local adalah mata uang fungsional mereka sendiri. Jika gabungan asing tetap mempertahankan akunnya dalam mata uang selain mata uang fungsional.
PERSPERKTIF TRANSAKSI TUNGGAL
Pada transaksi tunggal, penyesuaian nilai tukar ( baik stabil atau tidak ) dimasukkan sebagai penyesuaian terhadap pembukuan transaksi awal dengan alsan bahwa transaksi dan perjanjiannya merupakan kejadian tunggal.

PERSPEKTIF TRANSAKSI GANDA
Pada perspektif transaksi ganda, penerimaan piutang korna mempertimbakan kejadian yang terpisah dari penjualan yang memberikan tamgahan pendapatan.

TRANSLASI MATA UANG ASING
Metode nilai tukar tunggal
Metode ini mengaplikasikan nilai tukar tunggal, harga penutupan atau harga saat itu, terhadap semua sahan dan utang asing. Untuk tujuan akuntansi, asset atau kewajiban dalam mata uang asing dikatakan akan diperlihatkan pada risiko nilai tukar jika perubahan padanannya mata uang induk perusahaan mereka berutang terhadap perubahan pada tingkat nilai tukar yang digunakan untuk mentranslasikan asset atau kewajiban dengan mata uang tersebut.
Akhirnya, mentranslasikan mata uang asing seluruh neraca dengan kurs saat ini memebirkan keuntungan dan kerugian setiap ada perubahan pada nilai tukar.

METODE NILAI TUKAR-GANDA
Metode nilai tukar ganda mengombinasikan kurs saat ini dan kurs historis dalam proses translasi mata uang asingnya.
-          Metode current-noncurrent
Pada metode ini, asset lancer yang dimiliki anak perusahaan saat itu ( contoh asset yang biasanya bisa dikonversi ke kas dalam satu tahun ) dan utang lancer ( kewajiban yang jatuh tempo dalam satu tahun ) ditranslasikan kedalam mata uang induk perushaan mereka pada laporan keuangannya dengan kurs saat ini

-          Metode moneter- nonmoneter
Menggunakan skema klasifikasi neraca untuk menentukan nilai tukar mata uang asing yang seusai. Asset dan kewajiban moneter ditranslasikan dalam kurs saat ini. Metode tersbut juga mengubah margin laba pada penjualan yang sesuai dengan harga saat ini dan kurs translasi dengan biaya dari penjualan yang dihitung pada harga perolehan dan kurs translasi

-          Metode kurs sementara
Pada metode ini, item monete seerti kas, piutgan dan utan ditranslasikan dalam kurs nilai saat itu. Item nonmoneter diranslasikan pada kurs yang menjaga dasar perhitungan awal. Pendapatan dan beban ditranslasikan pada kurs yang berlaku saat transaksi terjadi, walaupun kurs rata rata disarankan pada saat transaksi pendapatan atau beban sangat besar.

KURS SAAT INI YANG SESUAI
Beberapa kemungkinan yang disarankan antara lain
1.      Nilai tukar pembagian dividen
2.      Nilai tukar pasar bebas
3.      Nilai tukar penalty atau preference teraplikasi
Nilai tukar pasar bebas pada akhir tahun berjalan harusnya digunakan dalam neraca akun kas asing. Prosedug tersebut mentranslasikan bagian kas asing pada pembukuan dengan dua atau lebih nilai tukar mata uang asih.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN TRANSLASI MATA UANG ASING
-          Penangguhan
Meniadakan penyesuaian translasi mata uang asing pada pendapatan lancet biasanya dianjurkan karena penyesuaian tersebut merupakan hasil dari proses penyajian ulang.

-          Pengguhan dan amortasi
Beberapa perusahaan menagguhkan keuntungan dan kerugian serta mengmortisasi penyesuaian melibihi umur manfaatnya pada masa item neraca terkait. Disini, translasi mata uang asing keuntungan dan kerugian yang berhubungan dengan utang akan ditangguhkan dan diamortisasi terhadap masa penggunaan asset, berarti dianggap sebagai laba dengan cara yang sesuai dengan beban depresiasinya.

-          Pengguhan sebagian
Hal ini mengimplikasikan bahwa keuntungan atau kerugian translasi mata uang asing bukanlah item periodic dan akan terhapus dalam jangka panjang.

-          Tidak ada pengguhan
Criteria pengguhan sering kali dianggap tidak konsisten dan sulit untuk diimplementasikan. Karena penyesuaian tersebut tidak selalu memebrikan informasi yang cocok dengen efek ekonomi yang diharap kan mengenai perubahan nilai tukar pada arus kas perusahaan
-          Dimana kah kita ?
Ingat bahwa persepktif local perucahaan local membutuhkan metode translasi mata uang asing kurs saat ini untuk menjaga hubungan yang ada di laporan keuangan dengan mata uang asing. Menurut pendapat kami, memasukkan keuntungan atau kerugian translasi mata uang asing di pendapatan mengubah hubungan awal keuangan dan mungkin memberikan informasi yang salah kepada pengguna

PERMASALAHAN PERHITUNGAN
-          Perspektif laporan
Anak perusahaan yang mata uang fungsionalnya adalah mata uang local beroperasi relative independen dari induk perusahaannya. Jika perusahaan multinasional tidak beroperasi sebagi satu perusahaan tunggal.

-          Apa yang terjadi dengan harga perolehan ?
Metode kurs saat ini digunakan untuk translasi mata uang asing walaupun mata uang local dianggap manjadi mata uang fungsional. Bahkan pengguna laporan keuangan tetap dapat mengerti mengenai jumlah yang digabungkan, tetap saja tidak logis secara teoretis

-          Konsep pendapatan
Pada keputusan translasi mata uang asing yang dijelaskan diatas, penyesuaian muncul dari laporan keuangan mata uang asing dan transaksi tertentu yang dibuat berhubungan langsung dengan ekuitas pemegang saham, dengan cara tidak menghitung laporan laba rugi

-          Laba terkelola
Keterangan translasi mata uang asing seperti yang baru saja dijelaskan memberikan cara untuk mengelola laba. Operasional anak perusahaan asing dapat memenuhi criteria yang berbeda. Oleh karena itu, mata uang induk perusahaan dapat dipilih menjadi mata uang fungsional.

TRANSLASI MATA UANG ASING DAN INFLASI
Hubungan terbaik antara tingkat inflasi sebuah Negara dengan nilai eksternal mata uangnya telah ditunjukakan secara empiris. Sehingga pengguna kurs saat ini untuk mentranslasikan biaya asset nonmoneter yang bertempat dalam kondisi yang cenderung berinflasi akan menghasilkan padanannya mata uang domestic jauh di bawah nilai aslinya.
Pada kondisi ini, menagihkan ekuitas pemegang saham dengan kerugian translasi mata uang asing pada asset tetap dengan mata uang asing akan menimbulkan efek yang signifikan pada rasio keuangan dengan ekuitas pemegang saham sebagai pembaginya.


TRANSLASI MATA UANG ASING DIMANA SAJA
Jepang telah mengubah standar mereka untuk menggunkan metode kurs saat ini pada semua kondisi, dnegan penyesuaian translasi mata uang asing ayng diperlihatkan pada neraca dalam ekuitas pemegang saham. Sebagai hasilnya, pratik translasi mata uang asing sangat beragam. Bagaimanapun, praktik translasi mata uang asing dieropa mulai mengerucut karena international financial reporting standars menjadi norma pelaporan untuk perusahaan perusahaan terdaftar di uni eropa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar